Selasa, 04 Januari 2011

Kontroversi Laser Malaysia di Piala AFF 2010

Penggunaan laser yang di lakukan suporter malaysia pada saat final leg pertama piala AFF Suzuki 2010 antara Malaysia melawan Indonesia menjadi kontroversi kemenangan malaysia dimata rakyat Indonesia sampai pada saat ini.
Pada saat pertandingan beberapa kali suporter Malaysia menyorotkan sinar laser ke wajah pemain timnas Indonesia.  Gangguan sinar laser ini memang jelas terlihat, bahkan di layar televisi saat kita menonton Pertandingan final Piala AFF 2010 antara Timnas  Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Minggu 26 Desember 2010.

Suporter Malaysia diketahui menggunakan cahaya laser berwarna hijau yang diarahkan ke pemain Indonesia.  Tampak kiper Markus Horison dan kapten timnas Firman Utina yang wajahnya disoroti laser. Pemain Indonesia sendiri beberapa kali menyampaikan protes ke wasit saat pertandingan berlangsung. Kiper Markus Horison merasa terganggu sinar laser, sehingga konsentrasinya terganggu saat menjaga gawang. Wajah Kapten Firman Utina pun terlihat disorot laser beberapa kali saat bermain. Terutama saat Firman mengambil tendangan pojok. Bahkan pertandingan sempat terhenti beberapa saat di menit 55. Pemain Indonesia menghentikan pertandingan akibat gangguan sinar laser itu.


Setelah penghentian pertandingan tersebut konsentrasi dan semangat pemain Indonesia pudar dan sangat menurun drastis, hingga terciptanya 3 Gol ke gawang Timnas Indonesia yang menjadikan Indonesia kalah 3-0 pada saat itu. Padahal, pada babak pertama Indonesia menang dari segi penguasaan bola, walaupun tidak ada gol pada waktu itu. Hal ini menjadi sebuah kontroversi kemenangan Malaysia di Piala AFF 2010 sampai pada saat ini.

(T-1/Yaen Renaldi Hadiwikarsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar